Si Hitam Sumatera Terbang ke Tanah Jawa

SobatQ, pernah dengar jenis ayam black sumatera? Ya, ayam ini merupakan salah satu jenis ayam primitif Indonesia.

Ayam black sumatera atau yang dalam bahasa minang dikenal dengan sebutan ayam taduang memiliki ciri khas, baik dari penampilan fisik ataupun kemampuan bertahan hidup. Sekilas ayam ini mirip seperti ayam cemani (ayam kedu). Tapi jika diceramati secara fisik, ayam black sumatera memiliki ciri khas postur tubuh yang lebih tegap, padat, warna hitam di seluruh tubuh, dan ekor panjang yang menjuntai.

Ayam ini pernah diekspor ke Amerika dan Eropa. Karena keelokannya, pada tahun 1883 ayam black sumatera dimasukkan ke dalam kategori American Poultry Association Standard of Perfection.

Padang (08/07), Rafki mendatangi kantor Karantina Pertanian Padang untuk mensertifikasi satu ekor ayam black sumatera dengan tujuan Sidoarjo, Jawa Timur.

“Pemeriksaan dokumen lengkap, absah, dan sesuai. Pemeriksaan fisik dan pengujian laboratorium terhadap Avian Influenza menunjukkan hasil yang negatif”. Ujar Mitrahadi selaku pejabat karantina hewan Karantina Pertanian Padang.

Setelah persayaratan karantina terpenuhi, ayam diberikan sertifikat kesehatan hewan KH-11 dan siap terbang ke tanah Jawa.

LaporKarantina

KarantinaPertanianPadang