Workshop Hasil Monitoring PSAT Dan Temu Nasional PMHP Barantan Berjalan Sukses

Pelaksanaan pengawasan pemasukan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) ditempat pemasukan menjadi hal yang penting untuk menjamin semua PSAT yang dimasukan memenuhi standar keamanan pangan Indonesia, ujar Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati A.M.Adnan saat membuka Workshop PSAT dan Temu Nasional PMHP Lingkup Badan Karantina Pertanian (Barantan) di Bogor, yang dimulai tanggal 24 sampai 26 Pebruari 2021.

Kegiatan monitoring terhadap pemasukan PSAT bertujuan untuk menjamin pemenuhan persyaratan keamanan pangan dan dilakukan sesuai penugasan dari Kepala Badan Karantina Pertanian kepada UPT Karantina Pertanian yang menjadi tempat pemasukan. Melihat pentingnya pelaksanaan monitoring terhadap PSAT impor, guna menjamin PSAT tersebut aman dan layak dikonsumsi, maka kegiatan ini harus dilakukan sebaik mungkin sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Salah satu peran pemerintah adalah menjamin ketersediaan pangan yang aman dikonsumsi oleh masyarakat, diantaranya pangan segar asal tumbuhan. Dalam hal ini, Pemerintah berkewajiban menjamin terwujudnya penyelenggaraan keamanan pangan disetiap rantai pangan secara terpadu, salah satunya yaitu terhadap pemasukan pangan segar asal tumbuhan dari luar negeri ke dalam wilayah Indonesia,” jelas Adnan.

Selanjutnya Adnan menyampaikan terkait pengawasan keamanan PSAT Ekspor, dimana peran laboratorium PSAT Badan Karantina Pertanian perlu ditingkatkan sehingga pemenuhan persyaratan keamanan pangan negara tujuan dapat dijamin.

“Mengingat peran Barantan yang semakin besar, Saya berharap, tugas dan fungsi Fungsional PMHP Barantan dapat dikembangkan, tidak hanya mengawasi mutu dan keamanan pangan segar impor, tetapi juga pangan segar yang akan diekspor sehingga produk kita dapat memenuhi persyaratan keamanan pangan negara tujuan, tambahnya.

Dalam Workshop yang dilakukan dengan diskusi serta materi dan evaluasi hasil monitoring PSAT tahun 2020. Dan kegiatan dihadiri Koordinator dan Sub Koordinator Karantina Tumbuhan dari UPT tempat pemasukan dan pejabat fungsional PMHP lingkup Barantan.

BadanKarantinaPertanian

LaporKarantinašŸ‘šŸ•

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=433937761166685&id=100036513946394&sfnsn=wiwspwa