Sukseskan Gratieks, Karantina Pertanian Padang Audiensi Dengan Gubernur Sumbar.

Padang – Kepala Karantina Pertanian Padang, Iswan Haryanto dan Tim lakukan audiensi dengan gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. Audiensi ini merupakan bentuk komitmen sukseskan program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan Mentri Pertanian. (23/02)

Pada kesempatan tersebut Iswan menyampaikan bahwa Karantina Pertanian Padang sebagai koordinator program gratieks mendapat tugas untuk berkoordinasi dengan pimpinan daerah dan seluruh dirjen teknis.

Iswan juga menyampaikan komoditas unggulan ekspor asal Sumbar yaitu komoditas manggis tidak hanya diekspor ke Cina, tetapi juga sudah sampai ke pasar Eropa. Begitu juga dengan komoditas potensial Sumbar yaitu jengkol dan petai yang sudah berhasil masuk ke Jepang. Selain itu, Iswan juga berharap komitmen Provinsi Sumbar dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Task Force Gratieks, untuk meningkatkan ekspor.

” Karantina Pertanian Padang telah menyediakan layanan ekspor terbaik terhadap eksportir dan calon eksportir. Bimbingan teknis dalam peningkatan ekspor pun telah dilakukan untuk petani. Koordinasi dengan dinas terkait terus dilakukan dalam rangka menggali potensi ekspor yang dimiliki Sumbar yaitu komoditas telur dan sarang burung walet,” Ujar Iswan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkomitmen dan mendukung program gratieks tersebut. Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumatera Barat menyatakan dukungan serta apresiasi terhadap peningkatan ekspor komoditas pertanian asal Sumbar sehingga ketahanan pangan pun terjaga.

” Bahwa pemerintah provinsi Sumbar akan terus mengupayakan dengan gigih serta berkomitmen. Upaya ini juga akan dituangkan nanti dalam bentuk pelatihan-pelatihan terkait ekspor komoditas pertanian sehingga eksportir dan petani asal Sumbar dapat dengan mudah mengetahui persyaratan ekspor,” Pungkas Mahyeldi

KarantinaPertanianPadang

Gratieks

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1463083564023576&id=100009658392689

https://www.instagram.com/p/CMwB5zxj9EA/?igshid=7c1rwg62tw5x