Jelang Iduladha, Karantina Pertanian Padang Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

Padang – Geliat perdagangan hewan kurban menjelang iduladha semakin meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya lalu lintas hewan ternak terutama sapi potong jenis sapi bali, pesisir dan simental di Pelabuhan Muara Bungus menuju Kepulauan Mentawai. Menanggapi hal tersebut, Karantina Pertanian Padang memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang dilalulintaskan melalui Pelabuhan Muara Bungus – Kepulauan Mentawai.

Kepala Karantina Pertanian Padang, Iswan Haryanto menyampaikan agar Pejabat fungsional Karantina Pertanian Padang semaksimal mungkin melakukan pengawasan lalulintas hewan dengan melakukan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan kesehatan hewan, serta dilakukan pengambilan sampel darah sapi untuk dilakukaan uji laboratorium mendeteksi brucellosis, guna menjamin kesehatan dan keamanan pada hewan yang dilalulintaskan terbebas dari Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

“Pada Bulan Juli 2021 ini, berdasarkan data Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) Karantina Pertanian Padang sudah terdapat pengeluaran hewan kurban sapi potong sebanyak 56 ekor dengan frekuensi 5 kali di Muara Bungus dengan tujuan Kepulauan Mentawai. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan Iduladha”, tambah Iswan.

LaporKarantina

KarantinaPertanianPadang

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1544233639241901&id=100009658392689

https://www.instagram.com/p/CRV6s_zD32G/?utm_medium=copy_link